Thursday, August 7, 2014

5. BATUTUMONGA DAN LOKOMATA


 
Tujuan berikutnya adalah Lokomata 
 apabila mengamati peta pariwisata rantepao.. untuk mencapai lokomata akan dijumpai banyak tujuan wisata lainnya seperti Bori.. yaitu kubur batu berbentuk menhir.. sayang kami tidak berhasil menemukan pertigaan
yang menuju Bori, Pune yaitu makam bayi.. . setelah perjalanan yang cukup melelahkan ke lokomata.. karena jalannya cukup sangat mengguncang perut sehingga bori dan pune luput dari kunjungan wisata  kali ini.

Sungguh.. Lokomata berada di puncak ketinggian di Toraja. sehingga untuk mencapai kesana membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi untunglah di sepanjang jalan akan menjumpai  pemandangan alam yang cukup indah, tongkonan yang tersebar di setiap desa, dan batu batu kubur yang hampir ada di sepanjang perjalanan membuat penasarana ada apa yang berada di lokomata. 



pemandangan alam yang indah  membuat rasa penasaran terhadap lokomata semakin bertambah. Ditambah di sepanjang jalan banyak sekali ditemukan kubur kubur batu baik yang sdh lama maupun baru membuat suasana magis terasa di sepanjang jalan.
Batutumonga sendiri merupakan pedesaanyang cukup indah. dijadikan salah satu tujuan wisata karena suasana alam sangat terasa disini. Hotel yang cukup representatif juga terdapat di batu tumonga. turis memanfaatkan hotel ini sebagai titik awal berjalan atau bersepeda gunung. Tongkonan bermacam macam dan berpadu dengan kehidupan masyarakat.
Lokomata sendiri merupakan kubur batu yang unik dibanding  ltempat sebelumnya. Jika londa dan ketekesu memanfaatkan celah celah alam sebagai tempat peti, sama seperti di lemo, masyarakat membuat lubang di b
atu untuk meletakkan peti jenazah. Foto lebih banyak menggantikan tau tau dan tidak dijumpai tulang belulang disekitar kubur batu.
 lokomata sendiri merupakan kubur batu yang terbesar di lokasi ini . apabila di sepanjang jalan kubur  bervariasi tergantung batu yang digunakan untuk 1 orang atau beberapa orang untuk di lokomata bisa mencapai puluhan orang. selain kubur batu, kubur berbentuk menhir juga dijumpai sepanjang jalan..



Lokomata merupakan daerah dataran tinggi. walau jam menunjukkan pukul 12 siang.. kabut menyelimuti daerah kubur batu. Hujan gerimis juga mulai turun... setelah merasakan suasana yang semakin lama semakin senyap.. perlahan lahan mobil meluncur turun sambil menuju tempat wisata yang lainnya..

No comments:

Post a Comment