Thursday, June 19, 2014

KSA BL3 KOSTRAD

KSA (Kamar Sakit Asrama) BRIGIF L3 KOSTRAD, adalah salah satu sarana kesehatan yang berada di lingkungan asrama militer BL3 Kostrad.

Sesuai dengan namanya KSA BL3 bertugas melayani prajurit, PNS dan keluarga di bidang kesehatan.



secara struktural KSA dibawah tugas dan tanggung jawab dokter brigade dan dibantu oleh tonkes yang berada di bawah struktur organisasi detasemen markas. Tetapi secara teknis medis dokter brigade juga dibantu oleh klinik klinik yang berada di jajaran BL3. Penamaan KSA di era BPJS sebenarnya kurang tepat lagi.. Selain istilah KSA juga tidak terdapat di dalam istilah sarana kesehatan di Sistem Kesehatan Nasional, istilah KSA juga sdh tidak dipakai dalam jajaran Kesehatan Angkatan Darat. Karena istilah KSA sendiri berarti tempat perawatan yang berada di lingkungan asrama lebih tepat disebut poliklinik. Atau menurut klasifikasi SKN adalah Pusat Pelayanan Keseshatan Primer. Tetapi di dalam inngkungan asrama BL3 istilah KSA tetap dipertahankan agar mudah di bedakan dengan poliklinik yang berada di lingkunagan asrama yang sama yaitu klinik 431 dan klinik 432

KSA BL3 saat ini secara fungsiaonal di pimpin oleh dokter brigade dibantu beberapa tenaga medis baik anggota tonkes, PNS dan tenaga sukarela. Saat ini KSA memiliki sarana prasarana UGD, poliklinik,BKIA, dan perwatan 22 TT. Diharapkan ke depan KSA harus sudah memiliki Poli gigi, Apotik dan Laboratorium yang representatif. Kekurangan ini sendiri masih ditemui karena di dalam struktur organisasi Tonkes tidak terdapat kualifikasi dokter gigi, perawat gigi, apoteker dan analis.Susunan organisasi Tonkes sampai sekarang masih mengacu kepada dukungan kesehatan kepada prajurit terutama di medantugas dan di medan latihan.

Dengan banyaknya tantangan dan hambatan yang ada, dan hal ini juga dihadapi oleh sarana sarana kesehatan yang lain.. Menjadikan peluang yang besar bagi KSA Brigade untuk mengembangkan diri baik di segi SDM, sarana dan prasarana sehingga ke depan KSA BL3 mampu menjadi Sarana Kesehatan Percontohan baik di lingkungan Kostrad Sendiri maupun lingkungan Kesehqtan yang berada di jajaran Kesdam VII /Wrb. SEMOGA..


No comments:

Post a Comment