Saturday, June 14, 2014

GEREJA KATOLIK ST IGNATIUS KOSTRAD KARIANGO

Gereja Katolik St Ignatius Kostrad Kariango adalah Stasi di Paroki. SudiangMandai K
euskupan Agung Makassar.
Gereja ini terletak di dalam asrama Brigif L3 Kostrad. Gereja ini berdiri sejak th 1995 dimana sebelumnya umat berdoa secara bergiliran di Gereja Oikumene Damai yang  juga terdapat di lingkungan sdrsma. Stsdi kariango memiliki jumlah umat Lebih kurang 50 KK . Stasi ini sering dijadikan tempat pilihan bagi kaum muda di lingkungan keuskupan untuk mencari peningkatan jati diri sebagai umat Katolik di dalam berbagsa dan bernegara..
Dengan suasana lingkungan militer yang cukup kental dan lingkungan yang asri.. memberikan nuansa yang cukup berbeda bagi siapapun yang berkunjung ke stasi ini...

Jika mengamati bangunan gereja sekilas dengan ukuran bangunan utama 10 x 15 m, gereja ini sangat sederhana dan tidak terlihat secara spesifik sebagaimana  gereja katolik paa umumya yang identik dengan menara loncengnya  demikian juga keadaan di dalam gereja.. masih sederhana seperti stasi stasi pada umumnya..
Di kiri kanan gereja terdapat teras yang cukup luas dg ukuaran 5 x 15 m, yang terdapat di kiria kanan. Yang sering di jadikan umat tempat kegiatan ibadah di luar misa seperti ibadat sabda dan rosario..

Selain di teras stasi ini memiliki beberapa tempat untuk berdoa seperti di altar batu.. yang cocok untuk   kegiatan ibadah pada malam hari pada saat cuaca cerah..
Gereja ini juga dlengkapi Gua Maria yang besar .. dengan dihiasi patung Bunda Maria setinggi 2m. Dengan kolam air mscur yang berada di depan  Gua.

Selain GuaMaria disekitar gereja disusun replika jalan salib sebanyak 14 perhentian.


Dengan suasana yang teduh sangat mendukung suasana kontemplasi terutama pada saat malam hari yang jauh dari keramaian demikian juga rasa persaudaraan yang kental di antara umat yang sedang bahu membahu membangun aula .


Demikian sekilas tentang stasi ini.... dan semoga dengan kehadiran gereja ini.. gereja mampu membentuk prajurit dan masyarakat yang tangguh membela pertiwi dan semakin membesarkan kemuliaan Bapa..
Ad Maiorem Dei Gloriam

No comments:

Post a Comment