Thursday, October 4, 2018

VENOM

                                                                       VENOM



Film Venom sudah dirilis di bioskop bioskop. Dengan berusaha tidak meyepoiler film tersebut .. (etika marketing film
dan menjaga perasaan fans berat marvel yang belum sempat nonton) ada beberapa hal yang menjadi menarik dari film ini, seperti bangkitnya industri perfilman marvel, naiknya pamor anti hero dan karakter venom itu sendiri

1. Bangkitnya Perfilman marvel.
Sebagaimana dikeahui marvel mengalami kebangkitan luar biasa dibandingkan DC comic. Pertempuran 2 raksasa  ini sejak awal dalam bentuk komik sangat dirasakan oleh penggemar. DC terbit sejak 1934 dan marvel 1937 Kedua duanya memiliki fans fanatik dan dalam versi komik  DC  dan Marvel selalu berlomba lomba  dalam menampilkan hero heronya.





Dalam versi film keadaan berbeda. Setelah Superman dan Batman  selalu mengalami kelesuan di pasaran, sebaliknya tokoh marvel, Spiderman berhasil merajai pasaran. Spiderman dibuat hingga 3 seri. Walau film ketiga dianggap tidak begitu berhasil tokoh venom sebagai salah satu musuh spiderman mulai dimunculkan. Selanjutnya tokoh tokoh marvel satu demi satu dimunculkan dan hampir semua berhasil merebut perhatian penonton. Tidak heran jika anak anak sekarang lebih mengenal tokoh tokoh marvel  dibandingkan tokoh DC. Bahkan ada yang menanggap tokoh  DC meniru tokoh marvel.. hehehe.. pasti seru melihat ayah bertengkar hebat dengan anaknya karena  ayah mati matian membela superman versi komik, sang anak mati matian  membela super hero marvel versi film...







2. Pamor Anti Hero
Sebagaimana tokoh marvel yang lain, banyak tokoh tokoh marvel dikenalkan satu demi satu maupun dalam bentuk kelompok kepada masyarakat. Hulk, ironman, spiderman, ,Thor dan  Captain  amerika adalah tokoh awal yang sering muncul dalam bentuk single dan bersamaan dalam Avenger. Setelah itu satu demi satu super hero marvel bermunculan dan dikenal oleh penonton.
Anti hero sendiri merupakan tokoh unik dalam perfilman. Pada mulanya tokoh ini diciptakan sebagai musuh dari super hero, tetapi dalam perkembangannya dia menjadi tokoh utama. Dalam DC salah satu anti hero adalah cat woman, dimana di satu sisi adalah musuh batman tetapi dalam cerita yang lain sering bekerja sama dengan batman bahkan sebagai kekasih batman. Untuk marvel, antihero yang masuk sebagai industri film adalah Dead Pool.





Sebagai musuh utama dari Wolverin, deadpool juga berhasil menjadi anti hero dan merajai perfilman. Venom, sebagamana di awal diceritakan  adalah musuh Spiderman, tetapi di film venom sendiri venom akan menjadi anti hero. Karakter dan kemampuan  anti hero pada dasarnya tidak berubah dari karakter pada saat menjadi musuh super hero. Yang berubah adalah jalan cerita dimana dari tokoh antagonis menjadi tokoh protagonis. Seperti di film Venom 2018  ini, tidak akan menemukan spiderman yang menjadi musuh utama venom pada sepiderman 3 tahun 2007.  Diangkatnya anti hero sebagai tokoh utama sebagai salah satu alasan karena saat ini dianggap penonton sudah tidak perlu disajikan tokoh hitam putih. Penonton saat ini dipercaya sudah bisa menentukan mana yang baik mana yang buruk, dan tentu saja sebagai hiburan tokoh anti hero agak lebih bebas dalam berekspresi dibanding super hero yang terlalu jaim.. tabiat buruk dari anti hero,, tentu saja bukan untuk ditiru.. tetapi lebih menunjukkan sisi kemanusiaan yang sering ditemui. Dipecat dari pekerjaan, ditinggal pacar, dan kehidupan yang berantakan menjadikan anti hero seakan berada di dekat kehidupan penonton bukan berada di dunia lain.

3. Karakter Venom
Sebagaimana di awal, venom merupakan anti hero yang sebelumnya diciptakan sebagai musuh dari spiderman. Eddi brock seorang wartawan di versi Spiderman merasa kecewa dan menganggap spiderman adalah musuhnya. Demikian juga di Venom tokoh Eddi brock merupakan seorang wartawan dan di film ini akan diceritakan bagiamana edi brock akan menjadi venom tanpa ada peranan spidermaan dalam proses itu.
Kemampuan venom sama dengan versi antagonis, eddi brock mendapat kekuatan menjadi venom dari Symbiote.  Symbiote merupakan parasit yang membutuhkan inang yang bisa memilih siapa saja yang akan menjadi inangnya.  Film spiderman menceritakan bagaimana symbiote pertama kali bersatu dengan spiderman, dan kemudian meninggalkan spiderman dan memilih eddi brock sebagai inangnya. Parasit dan inang sangat tergantung dari karakter simbite dan inang itu sendiri. Di satu sisi symbiote bisa mempengaruhi inang tetapi di sisi lain inang bisa mengendalikan symbiote
Venom memiliki kemampuan yang luar biasa, kekuatan, kecepatan dan mampu  transformasi ke segala bentuk yang diinginkan. Kebal dari peluru, mampu bernafas di air dan mampu menyembuhkan diri dengan cepat menjadi kekuatan utama.
Kelemahan utama adalah tidak mampu bertahan dengan suara frekwensi tinggi. Ini akan membuat venom berusaha lepas dari inangnya. Selain itu api, racun dan listrik diceritakan merupakan kelemahan venom yang lain.


Sebagaimana tokoh yang lain, venom selain di film, tentu saja sudah sering muncul dalam bentuk komik, televisi, film animasi maupun game video baik sebagai tokoh baik maupun tokoh jahat..

Oh ya sekedar mengingatkan jika nonton film marvel..
Ada 2 film post credit.. jadi jangan buru buru pulang..  dan cameo stan lee sang pendiri Marvel Comik...






sumber : 

https://wallpapercave.com/w/QKlK7Rq

https://www.guidingtech.com/best-venom-hd-wallpapers/


No comments:

Post a Comment