Tuesday, October 9, 2018

OLAHRAGA

OLAH RAGA 



Menentukan Jenis, lama dan beban olahraga adalaha hal yang gampang gampang susah. Hal ini karena banyak sekali jenis olahraga yang ada ditambah dengan ketersediaan waktu dan fasilitas yang ada membuat seseorang harus dapat memilih jenis olahraga yang tepat.
Tujuan berolahraga dapat dijadikan salah satu kriteria memilih jenis  dan macam olahraga yang dipilih. Hobi, Prestasi dan maintenance  adalah tujuan paling umum mengapa orang berolahraga.
HOBI
Berolahraga sebagai hobi, adalah alasan terbanyak orang berolahraga. Dengan banyaknya hal yang positif didapat, seperti banyak teman, badan dan pikiran  menjadi lebih sehat bahkan mungkin bisa mendatangkan prestasi dan sebagai sumber pendapatan,  menyebabkan  banyak orang menekuni olahraga. Hobi ini sangat tidak terikat dengan tempat dan waktu. Semua sangat tergantung  dengan mood seseorang. Semakin banyak orang yang memiliki hobi yang sama, kegiatan olahraga ini akan semakin mengasikkan. Bersepeda, tenis, bola kaki, catur, aerobik dan banyak lagi berbagai olahraga yang dapat dijadikan sebagai bagian gaya hidup sesorang.
Seiring dengan waktu, yang memiliki hobipun kadangkala tidak bisa menyalurkan hobinya karena sulit mencari teman yang cocok, waktu yang mulai sempit atau fasilitas yang sudah terbatas, ini sering dialami bila sesorang mulai memasuki perubahan hidup seperti mendapat pekerjaan, atau masuk kedalam kehidupan yang baru sehingga lama lama hobi olahrag tidak tersalurkan lagi.
Dan yang tidak mempunyai hobi olahraga juga menjadi alasan terbesar mengapa orang tidak berolahraga. Malas berolahragadan   malas bergerak menjadi hal yang paling sering ditemui. Berbagai macam keluhan kesehatan banyak terlontarkan akibat tidak memiliki hobi olahraga  dan sebaliknya banyak orang menjadikan olahraga sebagai hobi karena menganggap bahwa olahraga adalah penting dan harus dijadikan salah satu  bagian gaya hidup.
PRESTASI
Mengejar prestasi merupakan pemacu terbesar dalam memotivasi seseorang berolahraga. Diawali dari hobi, tuntutan pekerjaan atau bahkan menjadi mata pencaharian menjadikan olahraga sebagai bagian dalam tujuan hidup. Jenis olahraga yang dipilih biasanya sudah terfokus terhadap olahraga tertentu. Olahraga ini biasanya adalah olah raga olahraga yang sering dilombakan atau dipertandingkan baik di tingkat paling kecil hingga event  dunia.  Perencanaan yang tepat dan metode latihan yang terukur menjadi kunci utama dalam menentukan prestasi. Mengikuti intruksi pelatih dengan benar juga akan menghindarkan dari kecelakaan atau cidera akibat latihan.
MAINTENANCE
Hobi dan menjaga fisik tetap prima membutuhkan maintenance dalam belatih. Maintenace dilakukan sudah harus lebih rutin dan terukur walau tidak seketat pada saat mengejar prestasi. Banyak orang berolahraga karena ada target tertentu yang dikejar. Setelah target terkejar atau tidak ada event lomba lagi, olahraga juga mulai berhenti. Memulaidan tetap berolahraga adalah hal yang paling berat untuk dilakukan terutama  bagi  orang yang tidak suka berolahraga. Kemampuan memotivasi diri sendiri sangat dibutuhkan apabila seseorang ingn tetap berolahraga. Pilih olahraga yang paling mudah dilakukan secara rutin.  Lari, renang, sepeda dan berenang salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan walau pada saat tidak ada teman. Menyisipkan olahraga di tengah tengah kegiatan atau menjadikan olahraga sebagai momen mengisi waktu bersama keluarga di saat libur dan selalu membuat badan tetap bergerak diharapkan mampu menjaga kemampuan fisik tetap prima.
Baik sebagai hobi, mengejar prestasi atau maintenance dapat menjadi patokan seseorang dalam memilih jenis, beban dan waktu  berolahraga. Dengan memilih olahrga yang tepat, tujuan berolahragapun lebih mudah tercapai..

SALAM OLAHRAGA

No comments:

Post a Comment