Saturday, September 29, 2018

BANDAR LAMPUNG






Sekilas tentang lampung
    Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak paling bawah dari Pulau Sumatera. Mendengar kata lampung tidak semua yang berada di luar lampung dapat mendeskripsikan dengan jelas. Gajah. Lampung dikenal dengan gajah. Tapi gajah sendiri di lampung bukan hal yang paling sering dilihat. Krakatau. Gunung
yang selalu disebut sebagai pemisah pulau jawa dan pulau sumatra.  Dan tentu saja gunung yang perkasa itu tidak dapat dijumpai lagi berdiri perkasa seperti Legenda yang sering terdengar.. seperti apakah lampung itu sebenarnya.. Lampung adalah salah satu miniatur Indonesia yang memiliki pesona alam dan budaya yang terdapat dalam satu kesatuan. Bahasa, adat istiadat, kerajinan , kuliner dan pesona alam yang unik  memberikan warna tersendiri dalam pesona Indonesia.
      Sebagai daerah yang sering dilintasi oleh masyarakat dari pulau Jawa ke pulau sumatra dan sebaliknya.. tidak membuat Lampung menjadi tempat yang "abu abu",  tercampur budaya dari pulau sumatra dan pulau jawa, lampung walau banyak didiami dari pendatang yang berbeda beda tetap memiliki warna tersendiri. Bahasa adat dan budaya daerah lampung memiliki keunikan dan keragaman tersendiri.
Tempat memiliki bahasa yang berbeda.  Lampung memiliki 2 dialek dan masing masing memiliki pemakai bahasa yang beragam etnis. Aksara lampung yang dikenal dengan Aksara Kaganga .. memilik bentuk yang berbeda dengan huruf  ka ga nga dari aksara bugis,bengkulu maupun aksara sunda.. ikon budaya yang sering terlihat saat memasuki lampung adalah Siger dan kain tapis. Siger menurut silsilah merupakan lambang  mahkota bangsawan zaman dahulu yang kini lebih banyak digunakan oleh penari maupun pengantin perempuan adat lampung. Dan kain tapis adalahntenun ikat khas lampung. Kain tapis ini   juga merupakan hasil kerajinan yang sudah menjadi ciri khas lampung. ornamen ornamen yang menghias lampung merupakan motif motif yang sering digunakan dalam motif kain tapis. Dimana setiap motif memiliki makna dan filosofi tersendiri..
   Lampung dengan berjuta pesona alamnya saat ini sedang bebenah bagai perawan yang keluar dari peraduan. Keasrian, keaslian dan Alami menjadikan lampung layak menjadi destinasi wisata yang membutuhkan dukungan kita semua untuk di kembangkan.. Pulau, Pantai, perbukitan  yang tersebar di sekitar lampung menjadikan lampung menjadi paket yang lengkap dalam destinasi wisata yang menginginkan view berbeda dalam satu momen..
  Lampung..  laksana salah satu kepingan surga yang tersebar di bumi Indonesia, dengan tarian sembahnya seakan mengundang dan membisikkan  salam.. 
SELAMAT DATANG DI BUMI RUWA JURAI..


Sumber foto

    https://www.flickr.com/photos/87663959@N05/8083108262/in/photostream/


No comments:

Post a Comment