Tuesday, June 3, 2014

MEMBUAT BLOG ANTARA HOBI DAN ETIKA



Membuat blog pada dasarnya bukanlah  hal yang sulit dan ribet seperti yang terlihat.. Yang membuat tampak sulit, adalah pada saat melihat suatu blog yang terlihat wah dan canggih..
memang betul... blog yang canggih atau keren menjadi idaman setiap blogger.. tetapi perlu diingat blog yang
simpel kadang lebih disukai para peselancar dunia maya karena lebih cepat dan tidak menghabiskan waktu loading...
karena para peselancar, rata rata berselancar untuk mencari materi yang dibutuhkan.. bukan terkagum kagum  untuk melihat suatu blog seseorang..berbeda  jika blog memperlihatkan aktivitas atau profil sesorang yang terkenal, artis misalnya.. yang sudah memiliki fans tersendiri.. blog harus dibuat seinovatif mungkin.. agar para pengunjung blog tidak bosan melihat penampillan yang itu itu saja..Yang mana menjadi pilihan.. semua diserahkan kepada blogger, karena jangan sampai karena ingin mempunyai blog yang keren, malahan tak satupun blog tercipta atau yang paling menyedihkan.. blog sudahdibuat sekeren mungkin.. malahan tidak ada pengunjung karena isinya tidak menarik pengunjung. atau malah berisi caci maki pengunjung...
selanjutnya akan diberikan tips tips membuat agar blog yang dibuat menjadi menarik dan mendapat banyak pengunjung..

1. MEMBUAT BLOG
    Cara paling simpel membuat blog adalah membuat blog gratisan yang sudah disiapkan oleh internet.
dapat mengunjungi http://www.bloger.com atau http://www.wordPress.com dan banyak lagi blog gratisan yang tersedia.. Disarankan untuk pemula gunakan blog gratisan dulu, selain untuk wadah belajar juga mencari "style" agar blogger tau apa dan bagaimana blog yang paling disukai oleh pengunjung.

2. MAKSIMALKAN TAMPILAN BLOG

Blog gratisan pada dasarnya sudah memiliki  model yang standar baik tampilan bentuk maupun model, ambil saja salah satu yang dianggap menarik dan mulai mencoba mengisi blog, apabila sdh ada artikel yang dibuat, maksimalkan bentuk blog sesuai dengan yang diinginkan. Searching artikel artikel yang berkaitan dengan pemaksimalan tampilan blog.
Contoh, mengganti latar, membuat tulisan yang berubah ubah atau mengganti kursor.. atau banyak lagi, tapi hati hati jangan terjebak membuat variasi yang terlalu banyak bisa membuat blog agak sulit dibuka, sehingga orang malas berselancar… lebih aman maksimalkan dengan bentukan standar karena bentukan standar yag disediakan blog gratisan sdh cukup sedap dipandang mata..

3. PEMBUATAN ARTIKEL
Ini adalah hal yang penting bagi blogger.. sekeren apapun blog yang dibuat, apabila “tidak ada isinya” tentu cepat dilewatkan oleh pengunjung.
Bagaimana mana artikel yang cukup “kuat menarik pengunjung?”
a.       Membuat artikel yang “berisi” dan  memberikan informasi. Membuat artikel yang berisi dan sering dicari adalah hal yang gampang gampang susah.. karena pada dasarnya para blogger sebagian besar bukan penulis, tetapi hal ini dapat ditutupi dengan kemajuan tehnologi dengan membuat artikel yang disertai gambar dan foto.. untuk pemasangan foto sebaiknya yang menjelaskan artikel atau yang membuat artikel bisa berbicara banyak, hati hati keinginan terlalu banyak ingin menampilkan foto, karena selain membuat lambat loading, juga lebih baik pengunjung diarahkan ke media social lain yang berisi foto foto seperti istagram  atau face book .
b.      Kesulitan membuat artikel sendiri merupakan hal yang lumrah dialami seorang blogger, salah satu cara mengisi artikel adalah cara yang paling gampang dilakukan oleh para blogger adalah copypaste hasil karya orang lain. Copy paste adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para blooger pemula yang baru belajar membuat blog. Tetapi dalam copy paste yang tetap harus diingat adalah etika copy paste. Yang pertama jangan sekali kali hasil copy paste diakui sebagai hasil karya pribadi, lebih baik jujur pada pengunjung, bahwa anda menemukan artikel yang menarik dan menshare karya itu karena mengganggap hasil karya orang tersebut sangat menarik untuk di share, kedua adalah tetap menuliskan alamat asli karya yang di kopy paste dan mempersilahkan pengunjung untuk dapat melihat “bentuk original” dari karya tersebut. Ketiga dan ini yang paling penting adalah minta ijin ke pemilik karua asli bahwa akan di share. Cara minta ijin, bisa langsung di kolom komentar blog sumber.
c.       Artikel kopy paste, seperti pada penjelasan sebelumnya, harus diwaspadai, selain memiliki etika karena merupakan hasil karya orang lain, jangan sampai dituduh plagiat dan masuk ke ranah hukum, juga memiliki kerawanan dibaca oleh mesin pencari di searching sebagai spam sehingga sangat sulit sekali artikel yang kita tulis menjadi artikel yang ‘tranding “ di mesin pencari…  contoh.. kita membuat artikel berjudul “membuat tulisan berwarna warni pada blog” dan artikel ini merupakan kopy paste dari tempat lain, mesin secara otomatis akan menampilkan artikel asli dan menganggap milik kita adalah spam.. dan apabila hal ini sering dilakukan.. kadangkala blog gratisan juga menghapus blog blog yang dianggap  system blog sebagai blog blog spam..
d.      Untuk mencegah hal tersebut..Biasakanlah membuat artikel asli buatan kita sendiri. Maksud asli adalah kita ketik sendiri di kolom entri dan dipasang foto foto pribadi. Penyalinan dari buku/majalah/artikel offline  juga berbahaya, karena selain masalah plagiat seperti artikel copas, tidak menutup kemungkinan, artikel yang kita salin, bisa jadi sudah terrsedia dalam bentuk online. Apabila kita mengambil referensi dari suatu sumber, karena tidak mungkin apa yang kita tulis murni pemikiran sendiri, biasakan menulis referensi yang digunakan. Walau referensi belum ada aturan harus dibuat sedetil pada karya ilmiah, setidaknya dibuat selengkap mungkin  untuk mengurangi omelan pengunjung dan cacian fans penulis asli yang merasa karya idolanya di sabotase..
e.       Belajar focus membuat artikel.. agar blog kita menjadi unik dan tidak terkesan campur aduk.. buat blog yang unik agar bisa menjadi referensi pengunjung…

4. PEMAKSIMALAN PENGUNJUNG
Hehehehee.. blog sudah keren, artikel sudah mumet karena dibuat dari hasil pemikiran sendiri, sangat tidak afdol kalau tidak ada yang baca..
Secara otomatis blog tertentu seprti blogspot atau wordpress akan terindek tersendiri di mesin pencari,
Atau barbagai jalan pintas agar artikel kita nangkring di mesin pecari pada saat orang berselancar ria..
Banyak cara tetapi tetap yang dianjurkan adalah dengan menoptimalkan karya dan memperbanyak persahabatan, karena jika sering artikel kita nangkring ditempat yang tidak jelas, jangankan di kunjungi orang, malahan jadi pengganggu. Contoh, arikel kita membuat tentang membuat tulisan berwarna warni, pada saat orang searching tentang olahraga, kuliner atau fashion, tulisan kita selalu nongol, para peselancar pasti akan menganggap kita adalah spam..
Dalam etika berblog… perbanyak persahabatan, sering berkominikasi dengan para blogger lainnya, perbanyak jaringan.. integralkan blog kita dengan media social lain  seperti facebook, twiteer,  googledan lain lain ada agar blog kita ketahui  para teman teman .  tidak ada carayang paling indah dan tepat memperbanyak tamu yang berkunjung selain  perlakukan tamu dengan sebaik mungkin dan selalu jalin silahtuhrami.
Selamat berblog ria, ..





No comments:

Post a Comment