Sunday, September 30, 2018

PULAU PAHAWANG








PULAU PAHAWANG



Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi wisata di Prov Lampung. Pulau ini teletak di Kabupaten Pasawaran

Destinasi ini menjadi tempat favorit karena beberapa spot spot wisata air yang didapatkan dalam 1 paket sekaligus. Pulau Pahawang sendiri merupakan suatu desa yang  terletak di suatu Pulau yang harus ditempuh dari kota bandarlampung lebih kurang 2-3 jam perjalanan darat dan air. Sebelum mencapai Pulau Pahawang biasanya pengunjung akan di bawa berkeliling untuk melihat  bawah air (snorkling) maupun bermain wahana air di pulau pulau sekitar P. Pahawang.
Banyak wisata tour yang menawarkan paket wisata ke P Pahawang.. Semuanya menawarkan dengan berbagai macam variasi harga tergantung paket yang akan diambil. Ini adalah solusi terbaik apabila semuarombongan adalah orang yang belum pernah ke Pulau Pahawang dan tidak mau ribet tawar menawar dengan penduduk lokal. Mengingat paket wisata ini belum diatur secara profesional  dan masih dikelola  oleh masyarakat lokal. 
Karena tempat yang pemberangkatan dari dermaga ketapang yang terletak lebih kurang 1 jam dari bandar lampung, rencana yang matang perlu dipikirkan agar tidak terjebak oleh waktu. Biasanya akan ditawarkan adalah permainan wahana air, foto bawah air  dan Pulau Pahawang sendiri. Budget akan membengkak seiring dengan paket yang akan kita ambil.  Belum termasuk waktu dan  biaya per perahu digunakan untuk menyebrang..
Disarankan pengunjung bermalam di bandar lampung sebelum menuju ke P. Pahawang.  Menginap di P pahawang tidak menjadi pilihan favorit, kecuali jika ingin melihat kehidupan warga nelayan sehari hari. Berangkat dari bandar lampung sebaiknya pagi pagi mengingat suasana laut sangat panas jika terlalu siang mulai menyebrang. Jam 07.00 adalah ideal dengan asumsi para pengunjung sudah sarapan semua. Setelah itu baru berangkat ke Dermaga Ketapang.
Pemerintah belum mengelola secara resmi kegiatan di Dermaga Ketapang. Disini parkir, sewa menyewa dan kamar mandi masih dikelola penduduk lokal. Alangkah baiknya jika diantara rombongan sudah mendahului ke dermaga ini agar rombongan tidak terlalu lama tawar menawar dan tanya menanya..  lebih baik lagi jika jauh hari sudah mendapatkan nomor kontak penyewa perahu dan sudah dapat semua harga sewa, baik perahu, snorkling dan jaket penyelamat, kamera bawah air dan sewa wahan air seperti banana boat atu donuts boat.  Dan inilah biasanya yang akan didiskusikan dengan pengunjung. Dan tentu saja membutuhkan waktu yang tergantung kelihaian negoisator tawar menawar. 


                                                                         PERJALANAN


Sangat disarankan rombongan jangan di bawah 5 orang mengingat perahu yang disewa  adalah perperahu bukan per penumpang.  Sukur sukur selama di dermaga ketemu rombongan kecil lain yang mau sama sama patungan .. hehehe.. rombongan ideal 10 orang.. karena 1 perahu terkena biaya 400 – 500rb per perahu tergantung hasil negoisasi dan hari sewa. Hari libur bisa lebih tinggi tergantung lonjakan  pengunjung yang akan menyeberang .  Jaket penyelamat adalah hal yang wajib di sewa. Sedangkan snorkling dan kaki katak.. walau agak susah dipakai pertama kali.. tetap  jadikan pilihan. rugi jika tidak sempat nyemplung ke air.. tidak usah takut tenggelam.. para pendamping sudah profesional dan sudah terbiasa menghadapi pengunjung yang takut sama air dan pengunjung  yang gak maukeluar dari air. Kamera air juga opsional sukur sukur jika diantara rombongan sudah ada yang bawa.. Untuk drone biasanya ditawrkan oleh agency jika kita sewa agency,.. sekali lagi jika rombongan ada drone.. lumayan dapat medan yang menantang  untuk unjuk kebolehan. Di tempat sewa drone belum tersedia untuk disewakan.  Dan seperti nasehat yang lain ,, hp dan barang barang anti basah  lainnya termasuk baju ganti disarankan tinggal di dermaga mengngingat sebagian besar ganti baju  saat kembali ke dermaga lagi. Dan jangan lupa perbanyak bawa persediaan air minum, snak dan makanan kecil lainnya. Jika rencana akan melewati makan siang.. Nasi kotak disarankan sudah disiapkan. Apabila berniat beli makanan di pulau.. pastikan betul agar warung  ttersedia  di pulau dan menyediakan makanan, Penyewa perahu juga dapat dijadikan guide untuk mencari atau menentukan tempat makan di pulau. Jangan lupa bawa roti sobek untuk mancing ikan agar mendekati pengunjung. Ikan laut sudah sangat jinak dan akan mendekat apabila di pancing makanan. Banana  boat atau donuts boat bisa disiapkan dari dermaga Ketapang. Jika pengunjung ramai, biasanya sudah ada banana boat dan donuts boat yang bisa di sewa di pulau.
Setelah siap perjalan ke P pahawang sudah bisa di mulai. Pilihan wahana dan snorkling adalah pilihan yang dapat di atur sesuai keinginan. Pulau Putus adalah pulau pilihan untuk bemain wahana Air. Pulau ini memiliki keunikan di mana semakin siang air laut  semakin surut sehingga pulau pasir semakin luas. Untuk spot snorkling ada berbagai macam tempat spot area.. pengunjung akan di arahkan sesuai keinginan pengunjung. Spot spot foto bawah air cukup banyak. Kerja sama yang baik antara ppengunjung dan juru Potret sangat dibutuhkan untuk mendapat hasil foto yang menakjubkan.  


                                                                   KEGIATAN SNORKELING


P pahawang sendiri biasanya dijadikan destinasi terakhir. Makan siang dan ganti baju dapat dilakukan di sini. Untuk makan siang yang cukup banyak, sebaiknya di pesan jauh hari.. untuk menu., dapat dibuat sesuai pesanan..  dan apabila ada waktu  yang  masih banyak ada  pulau yang belum dikunjungi yaitu Pulau Kalagian.  Disini wahana air juga dapat disediakan sesuai pesanan,
Paket paket wisata inilah yang banyak ditawarkan selama berkunjung ke Pulau Pahawang. Dengan beraneka spot spot wisata dan paket yang ditawarkan.. diharapkan ke depan tidak hanya menjadi destinasi favorit Prov Lampung tetapi bisa menjadi destinasi favorit skala nasional.. Semoga. 



                                                          REUNION AT PAHAWANG ISLAND





No comments:

Post a Comment