Wednesday, August 6, 2014

3. LONDA

Londa merupakan salah satu icon dari tana toraja. Selain mudah dijangkau dari Rantepao, Kubur Batu Londa merupakan Kubur yang terdapat di tebing batu yang menjulang tinggi.. sehingga menimbulkan ketakjuban  bagi setiap orang yang berkunjung ke tempat ini.

Londa terletak di bukit berbatu yang asri dan perkuburan batu terdapat di 3 lokasi, kubur paling bawah terletak di dasar bukit  digunakan untuk kelurga golongan biasa, yang berada di tengah untuk golonganmenengah dan tempat palingtinggi untuk golonganyang paling tinggi.

selain menimbulkan ketakjuban bagaimana cara masyarakat menguburkan di dinding terjal yang tingi, bagian tengah londa, terdapat peti peti jenazah yang diletakkan diantara dinding dinding batu.Makam memanfaatkan lubang lubang alami dari bukit batu. Tau tau di jejer secara rapi dalam tempat khusus. di kedua sisi bagian tengah terdapat lubang gua yang cukup gelap sehingga membutuhkan pemandu yang telah menyiapkan dengan lampu petromaks.
apabila memiliki nyalim cukup tinggi dipersilahkan masuk ke dalam gua. Kondisi di dalam Gua sangat jauh dibilang dari kondisi nyaman.. selain gelap, walau sdh ada lampu petromaks namun tetap menimbulkan susana yang kurang menyenangkan. Disisi kiri kanan akan terliha tumpukan petimati dari masa ke masa. Peti baru dan lama tersusun sesuai dengan perintaan keluarga.untuk peti lama dan rusak akan tetap di susun di dalam gua. Dinsetiap sudut makam terdapat tulang belulang kerabat yng sudah meninggal. semakin lama usia tengkorak, tulang semakin  putih. terus terang susana agak mencekam di tambah cerita cerita tentang  alamarhum sebelum meninggal  yang di ceritakan penuh semangat oleh pemandu.

 Setelah mengambil foto dari beberapa tulang dan tengkorak, kegiatan segera kembali keluar sambil mendengarkan cerita pemandu tentang budaya masyarakat Londa..
   Hari sudah menjelang magrib, sudah saatnya persiapan menuju Rantepao ke berbagai destinasi wisata berikutnya sudah di rancang di dalam kepala.. Kini saatnya mencari tempat penginapan dan makan.. Sebenarnya sepanjang jalan banyak sajian yang super lezat mengugah selera, tetapi demi menghormati Sang Sopir yang tidak bisa makan  kuliner khusus toraja yang berbahan dasar babi .. setelah mencari sovenir  di Pasar Rantepaao di sepanjang jalan banyak tersedia makana yang tinggal dipilih sesuai selera..  Sate Ayampun menjadi menu makan malam sambil mecari informasi  penginapan yang terdekat yang bisa dijadikan tempat beristirahat malam ini... dan yang terpenting.. Cas HP dlu karena sejak meninggalkan Londa,  Mas Google juga sudah tidak bisa dijadikan tepat bertanya ... hehehehe

No comments:

Post a Comment