Thursday, February 27, 2014

KLASIK CHINA (SAMKOK)

SAMKOK
Kisah Tiga Negara

Menjelang akhir dinasti Han, yang merupakan salah satu dinasti terlama di antara dinasti-dinasti lain di China, tiga buah negara yaitu WeiWu dan Shu berkompetisi satu dengan
yang lain berebut kekuasaan.Cao Cao, yang menjadi penguasa Wei adalah yang paling kuat di antara ketiganya dan mendominasi daerah utara. Dia juga menjadi perdana menteri kekaisaran Han yang sepenuhnya mengontrol raja muda dinasti Han. Dengan menggunakan nama raja, dia memberi perintah dan menyerang mereka yang tidak mematuhinya. Dia bermaksud unuk menghancurkan negara Shu dan Wu dan memperluas kekuasaannya ke seluruh China. Sebagai orang yang bermuka dua, Cao Cao tidak hanya seorang prajurit profesional yang baik tetapi juga seorang yang berpendidikan. Tetapi dia sangat kejam, tidak setia dan penuh curiga. Motonya yang terkenal adalah: “Lebih baik saya mengkhianati seluruh dunia daripada membiarkan seluruh dunia mengkhianati saya.”

Penguasa Wu adalah Sun Quan, keturunan jenderal Sun Tzu yang terkenal yang menulis buku Seni Perang. Keluarga Sun menguasai muara Sungai Yangtze
selama bertahun-tahun. Sun Quan menolak untuk menyerah kepada Cao Cao tanpa perlawanan, tetapi pasukannya tidak sekuat pasukan Cao Cao.

Periode ini disebut periode Tiga Kerajaan dalam sejarah China, dan menjadi zaman yang paling menarik dalam sejarah China.

Liu bei adalah seorang pemimpin negara Shu.dia adalah orang yang sangat cerdas dan pintar,dia setia pada kerjaan Han,amat mencintai rakyat,selalu mengutamakan kepentingan rakyat,dia juga sayang dan memperhatikan bawahannya.karena itu, semua orang rakyat menyayanginya
Liu adalah keturunan ningrat dinasti Han yang menguasai China antara 206 S.M. sampai 220 M. Liu adalah seorang yang baik, simpatik, dan sederhana, tidak terlalu pandai ataupun berbakat, tetapi dia mendapatkan simpati dari rakyat kebanyakan. Dia dan kedua saudara angkatnya telah mengabdikan diri mereka untuk menciptakan kedamaian dan mengembalikan

kekuasaan dinasti Han di China. Upayanya mendapat dukungan yang luar biasa ketika Zhuge Liang bergabung dengannya beberapa tahun kemudian setelah dia bangkit dan berperang melawan Cao Cao.

Zhuge Liang adalah orang dengan bakat yang sangat unik. Dia sedang menyepi ketika Liu Bei mengunjunginya.

Baru pada kunjungan ketigalah Liu berhasil bertemu dengannya dan membujuknya untuk bekerja untuknya.

Pengetahuan Zhuge Liang tentang politik, strategi militer, ilmu fisika, dan psikologi manusia tak tertandingi pada zamannya. Pada waktu itu, Cao Cao telah memenangkan perang strategi melawan Liu Bei di China tengah.

Analisis Zhuge Liang tentang situasi politik dan militer mencelikkan mata dan pikiran Liu Bei yang selalu meraba dalam gelap sejak kekalahannya. Zhuge menjadi perantara terbentuknya hubungan antara Shu dan Wu.

dia adalah ahli strategi yang berasal dari negara Shu.karena kepintaranyalah,tercipta 3 kerajaan.

Zu ge liang sendiri adalah orang yang paling pintar di zamannya.semua pengetahuan dimilikinya.karena itu,Cao Cao(sang pemimpin kerajaan wei yang bisa dibilang musuh bubuyutannya negara Shu) takut pada Zu ge liang.

Zu ge liang bukanlah prajurit tempur di garis depan.dia yang membuat kerajaan-kerajaan lain kewalahan menghadapi kerajaan Shu.
"seorang pemimpin yang bijak,tidak khawatir apakah rakyat mengenalnya atau tidak.dia justru khawatir kalau dia tidak mengenal rakyatnya.."-Zu ge liang


ada 24 cerita yang ditampilkan di buku SAM KOK ini.
1. cerita pertama dimulai saat liu bei bertemu dengan Guan yu dan juga Zang fhei.mereka bertiga berkenalan di sebuah kedai arak.meskipun mereka baru berkenalan,namun akrabnya seperti kawan lama yang sudah kenal bertahun-tahun.karena memiliki rencana yang sama  untuk mengubah negara yang sedang mengalami kekacauan besar,3 orang tersebut membuat upacara sumpah mengikat persaudaraan di bawah pohon sakura yang sedang bermekar di belakang rumah zang fhei.


"Liu bei,Guan yu,Zang fei,kami bertiga hari ini bersumpah mengikat tali persaudaraan,kami bersama sama dalam satu tekad mau menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada negara,agar rakyat bisa hidup layak.kami tiga bersaudara,meskipun tidak dilahirkan dalam tahun,bulan,dan tannggal yang sama namun kami mengharapkan bisa mati dalam tahun,bulan,tanggal,serta hari yang sama.barang siapa melanggar sumpah ini,dia pasti mendapatkan ganjaran dari tuhan."-Liu bei,Guan yu,Zang fei.

2. ada juga cerita Lu Bu,orang pertama yang mampu mengendalikan Red hare sang kuda perang yang tubuhnya berwarna merah.kuda yang tidak mau ditaklukan oleh orang yang dianggapnya lemah.dalam sejarah,hanya ada 2 orang yang mampu menaklukan sang kuda perang ini.yaitu,Lu Bu dan Guan yu.
setelah Lu Bu tewas ditangan Cao cao,cao cao memberikan red hare kepada Guan yu yang langsung diterima oleh Guan yu setelah menolak barang-barang berharga yang juga ditawarkan kepadanya.   
Red hare mampu berkeliling cina hanya dalam beberapa hari(jika hanya memakai kuda biasa,bisa bertahun tahun).dia dapat berlari 1000 li dalam sehari(1 li= 415.8 km atau 258.2118 mil)

setelah Guan yu meninggal,Red hare pun mati karena tidak mau makan (hal ini dikarenakan tidak ada lagi orang yang dianggapnya kuat untuk menjadi pemiliknya.)

3. ada juga cerita tentang perang di tebing merah(kisah ini difilmkan dengan judul Red cliff)   

4. cerita terakhir ditutup dengan kisah meninggalnya Zu ge liang,orang paling paling pandai di zaman itu.Zu ge liang meninggal saat perang wu zhang plains.saat itu,Sima yi (ahli strategi dari kerajaan Wei)mengetahui bahwa Zuge liang telah meninggal,dengan cara melihat keadaan langit.saat tahu Zu ge liang telah meninggal,Ma yi pun menyuruh seluruh pasukannya untuk menyerbu negara Shu(negara Zu ge liang).tapi kaki para pasukan terhenti saat melihat sosok Zu ge liang sedang berdiri,melihat nya masih hidup,seluruh pasukan langsung lari tunggang langgang.

ternyata sebelum meniggal,Zu ge liang menyuruh pasukanya untuk membuat orang-orangan yang mirip dirinya. 

Untuk membaca secara lengkap salah satu e book yang bisa ditelusuri adalah :
http://www.youblisher.com/p/42611-Kisah-tiga-negara/
http://www31.indowebster.com/5b534d78b1ad0758f32d907aaef1bcd1.pdf


SUMBER:

No comments:

Post a Comment